Cari Blog Ini

Senin, 22 November 2010

Apa itu Menwa??
      MENWA (resimen mahasiswa) adalah pemuda-pemudi Indonesia yang mempunyai kecintaan terhadap bangsa dan negara 
  1. Mereka yang mengaktualisasikan diri lewat  UKM korps mahasiswa bela negara (KMBN) menwa. 
  2. Mereka mengabdikan jiwa dan raga dalam rangka pembelaan negara di lingkup yang lebih kecil, menjaga kedaulatan Universitas dimana mereka berada.


Pengertian & Tujuan MENWA

Resimen Mahasiswa adalah :
  1. Sebagai wadah, yang merupakan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya bela negara dan penguatan ketahanan nasional.
  2. Sebagai perorangan, yang merupakan mahasiswa terlatih olah keprajuritan yang telah mengikuti latihan dasar Resimen Mahasiswa Indonesia dan menjadi bagian dari komponen pertahanan negara.
  3. Sebagai organisasi, yang merupakan pusat aktifitas anggota Resimen Mahasiswa Indonesia yang terdiri dari tingkat Nasional, tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota serta di Perguruan tinggi.
Tujuan Resimen Mahasiswa Indonesia adalah:
  1. Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.
  2. Sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam Bela Negara.
  3. Mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANRATA).
Asumsi Negatif Terhadap MENWA
  1. Menwa adalah antek–atek hasil bentukan orde baru.
  2. Menwa adalah UKM yang tidak produktif dan kurang bermanfat bagi mahasiswa secara umum
  3. Menwa adalah ajang penyaluran bakat dan minat yang salah, karena sebagai mahasiswa tidak perlu diberikan materi kemiliteran.
Tanggapan
  1. Memang benar....! pada tahun 1965 menwa mendapat rekomendasi sebagai pengawas gerakan yang merugikan kedaulatan negara, karena saat itu negara di anggap dalam keadaan rentang terhadap laten komunis yang telah membunuh para perwira tinggi TNI dan dianggap mengancam kedaulatan RI.
  2.  Kita harus melihat dengan asas yang sesuai dengan back ground pendidikan atas UKM itu sendiri.
  3. Sesuai dengan slogan MENWA "WIDYA CASTRENA DHARMA SIDDA ”penggabungan antara ilmu akademik dan ilmu kemiliteran”, jadi orientasinya adalah meskipun kita sebagai mahasiswa, tidak ada salahnya apabila mempunyai kedisiplinan ala militer sebagai kunci keberhasilan dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar